Kain Apa yang Cocok untuk Sulam Pita?

menjawab pertanyaan Lely

Sebenarnya hampir semua jenis kain bisa digunakan untuk sulam pita. Berdasarkan pengalamanku, untuk pemula sebaiknya memakai kain belacu karena kainnya nggak licin dan seratnya nggak rapat-rapat banget, sehingga memudahkan kita menusukkan jarum dan pita.

Kalo sudah terbiasa dengan kain belacu bisa dicoba berlatih dengan kain-kain lainnya, seperti shantung, raw silk dan jeans. Ya, kain jeans juga bisa disulam pita lho. Untuk kain-kain yang tebal ada baiknya kita pakai bantuan pembolong kain, soalnya kalo dipaksa nusuk tanpa pembolong bisa-bisa jarum kita patah duluan.. nangih

Sedangkan untuk kain shantung, raw silk dan kain-kain halus lainnya diperlukan kehati-hatian saat menarik pita, karena seringkali serat kain yang lain ikut tertarik, akibatnya sulaman kita akan terlihat tidak rapi. Jarum yang dipakai juga jangan terlalu besar karena akan meninggalkan bekas tusukan yang merusak serat kain disekelilingnya.

O,ya untuk menghindari luntur dan pengerutan kain, ada baiknya kain yang akan disulam dicuci dan disetrika terlebih dahulu. Masalah lain yang seringkali timbul adalah tepi kain yang terurai/tercabrut, asli sebel banget deh, biar tidak njabrut-njabrut biasanya aku suka obras dulu pinggiran kain sebelum disulam, atau kalo gak sempet ke tukang obras bisa dijahit zig-zag semua pinggiran kain, beres deh... menari

1 komentar :

tiki said...

nice post!!, saya baru aja mendalami dunia sulam-menyulam pake pita, tapi kalo nyulam, kainnya suka kusut gitu, terus agak susah masukin pita ke lubang jarum, jadi sedikit-banyak pake kekerasan hahaha,
makasih info nya .....

Post a Comment

Copyright @ sew much fun! | Floral Day theme designed by SimplyWP | Bloggerized by GirlyBlogger