Ragam Pita untuk Sulam Pita

Note: Postingan Ini sekaligus memenuhi permintaan mbak Rosaline Darwis via email beberapa waktu yang lalu.. senyum

Pada dasarnya ada tiga jenis pita yang biasa digunakan untuk kreasi sulam pita, yaitu Pita Sutra (silk ribbon), Pita Satin dan Pita Organdi

Pita Sutra berukuran 2mm-13mm. Pita ini jarang ada di pasaran karena harganya cukup mahal, maklum bahannya aja dari sutra , hanya toko-toko tertentu yang menjual pita jenis ini. Di Jakarta Pita Sutra bisa ditemui di HobbyCraft dan Miki-Moko, tapi pilihan warnanya sangat terbatas.
Pita Satin terbuat dari kain satin, berwarna sedikit mengkilap. Terdiri dari berbagai ukuran, mulai dari 1/8 inch sampai 2 inch. Pita ini bisa diaplikasikan ke semua teknik sulam pita. Sedangkan Pita Organdi atau biasa disebut pita Kaca, seperti namanya terbuat dari bahan organdi. Juga terdiri dari berbagai ukuran. Biasanya pita jenis ini diaplikasikan untuk bentuk bunga dan daun.
Pita Satin dan Organdi bisa ditemui dengan mudah di pasaran. Harganya juga tidak mahal, mulai dari Rp.200/m - Rp.3000/m. Saat ini juga sudah tersedia Pita Organdi dengan dua warna (gradasi/sembur).

Apakah semua pita yang dijual di pasaran sama kualitasnya? Tentu saja tidak, ada sebagian pita yang luntur saat dicuci. Kalo kita menyulam untuk dijadikan pajangan dinding, clutch atau barang-barang lain yang nggak perlu dicuci, nggak jadi masalah mau pakai pita yang berkualitas rendah. Tapi kalo kita menyulam baju jangan sampai pakai pita yang luntur, bisa berabe kan..nangihUntuk mengantisipasi hal tersebut, sebelum menyulam ambil sebagian pita (sekitar 1 m) lalu cuci dengan detergen, kalo luntur berarti pita tersebut kualitasnya rendah.

Sebaiknya beli pita meteran atau gulungan (rol)? Tergantung kebutuhan dan budget..sengihnampakgigi Kalo budget terbatas sementara sulaman kita butuh banyak warna, kita bisa aja beli yang meteran. Tapi kalo kita nggak tau pasti berapa meter pita yang kita butuhkan, nggak ada salahnya beli yang gulungan (rol), toh kalo sisa kita masih bisa pakai untuk proyek sulaman yang lain kenyit

3 komentar :

abu said...

Wah...nice blog. Master nih...terima kasih dah mau kunjung. BTW tinggal dimana nih?pengin silaturahim. Salam Kenal Assalamu'alaikum.

Diah H.Soehadi said...

@abu : terima kasih sudah berkunjung juga, saya tinggal di cibubur-bekasi. silakan mampir..

Mimita said...

Salam kenal ya Mbak Diah, informasinya keren, meskipun hobi rajut, tapi tidak sedikit dari kreasi rajut saya yang terinspirasi oleh kreasi lain termasuk sulam pita, saya tinggal di Kudus lain kali mampir ya kalau lagi main ke Jateng.

Post a Comment

Copyright @ sew much fun! | Floral Day theme designed by SimplyWP | Bloggerized by GirlyBlogger